Cara Menggunakan Masker Medis yang Benar

Cara Menggunakan Masker Medis yang Benar

Uncategorized

Masker medis merupakan alat pelindung diri yang sangat penting digunakan oleh masyarakat. Terlebih saat ini ada banyak orang yang khawatir tertular virus Corona. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena keberadaan masker tersebut sangat mudah ditemukan. Oleh karena itu, ketahui juga bagaimana cara menggunakannya dengan tepat dan benar.

Bagaimana Cara Menggunakan Masker?

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penularan virus adalah dengan menggunakan masker. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mengenakannya yang tepat. Padahal, penggunaan yang sembarangan tentu tidak akan membuat seseorang terlindungi secara efektif. Di bawah ini beberapa cara menggunakannya yang bisa Anda perhatikan:

Cara Menggunakan Masker Medis yang Benar

  1. Cuci tangan sampai bersih terlebih dahulu

Saat ingin menggunakan masker, sangat penting bagi Anda mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Hal ini berarti usahakan untuk tidak menyentuh masker sama sekali sebelum tangan sudah dalam keadaan yang bersih. Terlebih tangan merupakan salah satu media yang memang sangat mudah untuk dihinggapi kuman.

Oleh karena itu, jangan sampai kuman yang ada di tangan nantinya berpindah ke masker saat Anda ingin mengenakannya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membilas tangan dengan sabun kemudian bersihkan dengan air yang mengalir.

  1. Pegang tali saat ingin menggunakannya

Dapat dikatakan bahwa tidak banyak orang yang memperhatikan hal satu ini. Padahal, sangat dianjurkan bagi para pemakai untuk tidak menyentuh bagian masker. Adapun cara memegang yang sangat direkomendasikan adalah dengan memegang tali saat ingin memakainya. Kemudian kaitkan tali tersebut ke bagian kepala atau telinga.

  1. Perhatikan juga bagaimana posisi kawatnya

Sangat penting juga bagi Anda untuk memasang masker dengan memperhatikan bagaimana posisi dari bagian kawatnya. Pastikan pada bagian kawat tersebut dapat ditekuk di bagian atas. Dengan begitu, saat mengenakan alat pelindung diri tersebut tidak ada celah yang ada di bagian masker. Hal ini berarti jangan sampai posisi kawat tersebut dikenakan pada bagian bawahnya.

Caranya yakni dengan menekuk kawat atau bagian paling keras pada masker. Pastikan untuk menekuknya sampai benar-benar rapat yakni mengikuti lekukan atau bentuk hidung. Kemudian, kaitkan juga kedua karet ke pada telinga dengan tepat dan pastikan bahwa alat tersebut dapat terpasang dengan optimal.

  1. Perhatikan juga posisi penggunaan masker

Apabila Anda ingin menggunakan masker, pastikan untuk memperhatikan posisinya dengan benar terlebih dahulu. Pada bagian masker yang berwarna harus menghadap ke luar. Sementara itu, pada masker yang putih harus menghadap ke bagian dalam atau menghadap mulut dan juga hidung seseorang. Oleh karena itu, jangan sampai posisi masker yang dikenakan tersebut menjadi terbalik sehingga tidak optimal saat dikenakan.

  1. Gunakan masker tersebut sekali pakai saja

Siapa yang menyukai menggunakan masker lebih dari satu kali? Perlu diperhatikan bahwa penggunaan masker yang satu ini hanyalah sekali pakai saja. Jangan sampai Anda mengenakannya lebih dari satu kali.

Hal ini berarti, apabila masker tersebut sudah selesai penggunaannya maka Anda dapat langsung melepasnya. Kemudian, pastikan untuk melipat masker tersebut tanpa perlu menyentuh bagian dalamnya. Selanjutnya, jangan lupa untuk membuangnya pada tempat yang benar yakni tempat sampah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin mengenakan masker. Tentu saja, sangat penting menerapkan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas. Hal ini dilakukan agar nantinya penggunaan alat pelindung diri tersebut dapat lebih maksimal untuk mencegah adanya penularan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *